Fakta Menarik Seputar Yamaha XSR 155 - cf669.info Berita Online

Senin, 02 Maret 2020

Fakta Menarik Seputar Yamaha XSR 155




Yamaha Indonesia mengeluarkan 3 motor anyar saat akhir 2019. Salah satunya adalah motor retro bergaya modern, yakni Yamaha XSR 155. Kendaraan roda 2 itu resmi dirilis seharga Rp 36,2 juta OTR di pasar Indonesia. Ditujukan kepada mereka yang menggandrungi motor sport heritage serta modifikator Tanah Air. Berikut ini adalah fakta menarik seputar Yamaha XSR 155 atau kuda besi bergaya neo klasik.

  1. Model Retro Modern Pertama Yamaha Indonesia
Yamaha XSR 155 merupakan sepeda motor berdesain retro modern pertama yang dijual oleh Yamaha di Indonesia. Masuk pada deretan Sport Heritage XSR. Ini adalah salah satu varian yang dipunyai oleh Yamaha global berjenis sport retro. Menggabungkan dua genre, yakni motor dengan desain jadul yang dikombinasikan dengan teknologi mutakhir.
Model tersebut mulai dikenal oleh seluruh dunia ketika Yamaha meluncurkan XSR700 serta XSR900. Dan ini masih ada hubungannya dengan keluarga MT-Series. Hal tersebut dikarenkan tipe XSR menggunakan dasar mesin dari MT-Series. Begitu juga dengan Yamaha XSR 155 yang sejenis dengan MT-15. Meskipun masuk dalam keluarga XSR dengan daya tampung mesin termini, fiturnya tidak kalah dengan versi yang lebih besar

  1. Desain Neo Klasik
Desain motor ini terinspirasi dari keluarga besar Sport Heritage XSR series. Sesuai dengan namanya, walau bernuansa klasik, tetapi sudah disematkan teknologi mutakhir. Bentuk lampu depannya bulat seperti motor tahun 80-90an. Namun, di dalamnya sudah dibekali dengan multi-reflektor serta lampu Daytime Running Light atau DRL pula. Teknologinya pun telah menggunakan Light Emitting Diode atau LED. Terpasang ikon XSR di bagian middle lampu.
Bentuk tangkinya tidak sama dari motor 155 cc VVA Yamaha lainnya. Ini disebabkan motor tersebut mengutamakan kesan lawas, maka tangki dirancang membulat serta besar. Sama persis  dengan motor klasik ‘XS’. Bedanya, ini tidak menggunakan bahan plat alumunium, tapi plastik. Isinya juga hanya mampu menampung 10,4 liter bensin. Dan terdapat juga ikon 3D Yamaha, supaya tampak elegan.
Di sisi lain, jok tandemnya juga memiliki bentuk yang mengusung gaya Heritage. Bentuknya langsing memanjang seperti makanan khas warga inggris. Hal ini terdapat garis-garis tegas. Warna ini memiliki dua varian, yakni coklat dan hitam. Di sampingnya terdapat ornamen dengan motif bulat, salah satu trademark XSR series.
Stang motor ini menggunakan model fatbar dengan raiser yang amat tinggi. Di bagian ekor terdapat lampu belakang yang didesain minimalis. Posisinya berada di ujung jok dengan menancap di bagian badan belakang. Knalpotnya cukup besar, senada dengan bodinya. Sayang, velgnya memakai jenis racing, di mana ini berlawanan dengan desain keseluruhan. Namun, karena ini bergaya neo klasik, jadi tidak masalah.

  1. Fitur Canggih
Selain lampu depan dan lampu belakang yang telah memakai teknologi LED, fitur canggih lainnya dapat dirasakan di bagian panel instrumen. Berbagai informasi tentang kondisi motor terpapar dalam model layar digital monokromatik. Isinya cukup lengkap, meliputi spidometer, takometer, indikator bahan bakar serta tanda posisi gear.
Konsol pada setiap sisi stang identik dengan MT-15. Di bagian kanan terdapat switch starter, sementara di bawahnya tersedia tombol untuk hazard. Di kirinya terdapat lampu dim, lampu dekat jauh, klakson serta sein. Rodanya lebar dan berjenis tubeless dual purpose Trail Winner yang dikeluarkan oleh IRC.
Mesinnya juga telah menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), dan dipadukan dengan fitur Assist serta Slipper Clutch. Dua fitur tersebut adalah teknologi andalan dari Yamaha.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda